Install Driver TTL CP2102x USB to UART

Halo guys! Kali ini kita akan melakukan Instalasi Driver TTL CP2102x USB to UART untuk beberapa Microcontroller seperti ESP32 dan ESP8266, terutama untuk di Windows.

Sumber : Silabs.com


Driver CP210x USB to UART Bridge Virtual COM Port (VCP) diperlukan agar perangkat dapat beroperasi sebagai Virtual COM Port, yang memungkinkan komunikasi antara perangkat CP210x dengan host. Selain itu, perangkat ini juga dapat dihubungkan ke host menggunakan driver akses langsung.

Driver ini adalah contoh statis yang dijelaskan secara rinci dalam Application Note 197: The Serial Communications Guide for the CP210x.

CP210x Manufacturing DLL dan Runtime DLL telah diperbarui dan harus digunakan dengan versi 6.0 atau yang lebih baru dari CP210x Windows VCP Driver. Pembaruan ini memengaruhi download software Application Note, seperti AN144SW.zip, AN205SW.zip, dan AN223SW.zip. Jika Anda menggunakan driver versi 5.x dan memerlukan dukungan, Anda dapat mengunduh perangkat lunak Legacy OS.

Oke, langsung saja kita akan melakukan Download Driver CP2102x USB. Pertama, kalian bisa juga cari di Google "cp2102 driver", dan carilah pada Website Sillocn Labs.

Setelah itu, klik pada bagian Download di Situs Sillocn Labs, dan pilihlah CP2102x Universal Windows Driver.

Setelah itu, Estrak terlabih dahulu karena masih berbentuk Zip. Setelah itu. klik pada "CP210xVCPInstaller_x64".

Jika sudah, maka klik "Next" pada Setup Wizard dari CP210x USB to UART.

Setelah itu, klik bagian "Next" pada License Agreement.

Jika sudah, maka akan seperti ini, dan langsung klik "Finish".

Maka, Driver tersebut sudah terinstal dan terbaca oleh Komputer Anda, misalnya ESP32 atau ESP8266.


Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikit pun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post