Cara Mengaktifkan Fitur Ejaan Bahasa Indonesia di Google Chrome

Halo guys! Kembali lagi bersama dengan Miniblog Inzaghi's Blog! Jika kalian menggunakan Google Chrome (Atau Browser apapun yang berbasis Chromium), tentunya akan menyulitkan kita untuk merapikan Tata Bahasa atau Ejaan jika kita melakukan Typo (Salah Ketik), terutama jika kita tulis dalam Bahasa Indonesia. Biasanya, setiap Browser hanya mengaktifkan Fitur Ejaan dalam Bahasa Inggris saja. Kali ini kita akan melakukan Tutorial Singkat Cara mengaktifkan Fitur Ejaan Bahasa Indonesia di Google Chrome.

Sumber Artikel Tutorial : Winpoin.com dan Candra.web.id


Saat mengetik di browser Google Chrome, secara otomatis Chrome akan memeriksa ejaan kata-kata yang diketik. Jika terdapat kesalahan dalam ejaan, kata tersebut akan diberi garis bawah berwarna merah.

Ini terjadi karena secara default, Chrome menggunakan fitur Spell Checker untuk bahasa Inggris. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika muncul garis bawah merah saat Anda mengetik menggunakan bahasa Indonesia.

Caranya, Pertama bukalah Google Chrome dan bukalah Pengaturan pada bagian chrome://settings. Setelah itu, bukalah pada bagian "Languages" untuk melihat Pengaturan Bahasa.

Jika belum terinstal Bahasa Indonesia, silakan klik "Add Languages", lalu klik Titik Tiga (⋮) di Samping Kanan lalu pilih "Move to Top" sehingga tampilan menjadi seperti Gambar di bawah ini.

Selanjutnya, jangan lupa aktifkan "Check for spelling errors when you type text on web pages" lalu aktifkan "Indonesian" untuk Bahasa Indonesia dan "English (United States)" untuk Bahasa Inggris. Jika ada Bahasa lain (Bahasa Asing lainnya), kamu juga bisa menambahkan sendiri.

Setelah itu, Anda tidak perlu repot lagi, karena Spelling untuk Bahasa Indonesia sudah aktif.


Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikit pun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post