Cara Membuat Windows Terminal Menjadi Transparan

Halo guys! Windows Terminal merupakan Versi Modern dari Command Prompt dan PowerShell di Windows, terutama di Windows 11. Kali ini kita akan melakukan Tutorial Cara Membuat Windows Terminal Menjadi Transparan.

Sumber Tutorial : Pureinfotech.comZimmergren.net, dan Winpoin.com


Windows Terminal merupakan Terminal di Windows yang pertama kalinya dihadirkan di Windows 10 pada Tahun 2020 dan dapat menjalankan Command Prompt (CMD), PowerShell, hingga Perintah Linux (WSL). Akan tetapi, Windows Terminal juga sudah menjadi Aplikasi Default di Windows 11 (Versi 22H2 ke atas).

Kelebihan dari Windows Terminal ini adalah adanya banyak Fitur yang disediakan di dalamnya, yang mana di antaranya termasuk Emoji-Rich Fonts, GPU-Accelerated Text Rendering, Custom Themes dan lainnya

Terkait dengan alat baru ini, kita dapat memodifikasi tampilannya karena mendukung tema kustom. Pada kesempatan kali ini, mari kita ubah tampilan Windows Terminal agar memiliki efek latar belakang transparan.


Pertama, bukalah Windows Terminal, dan klik pada "Simbol Panah Bawah (∨) --> Settings".

Kemudian, klik "Open JSON File" dan Anda akan melihat file settings.json Anda atau mendapatkan kesempatan untuk mengklik dan membukanya di editor favorit Anda, dan di sinilah Anda akan melakukan perubahan.

Kemudian, carilah pada bagian "defaults" dan isilah Kode berikut ini :

"defaults":
{
    "opacity": 80,
    "useAcrylic": true
},

Atau (Alternatif) :

"defaults":
{
    "useAcrylic": true,
    "acrylicOpacity": 0.8
},

Inilah Program lengkapnya :

Dan, inilah Hasilnya (Transparansi 80%) :

Keterangan :

Untuk "acrylicOpacity": 0.8 sama dengan "opacity": 80, yang sama-sama bernilai Transparansi 80%. Anda juga bisa mengubah agar lebih Transparan, misalnya menjadi 50% dan sesuai dengan keinginan Anda. Gantilah menjadi :

"defaults":
{
    "opacity": 50,
    "useAcrylic": true
},

Inilah Hasilnya (Transparansi 50%) :


Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikit pun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post