Cara Download dan Install Git di Windows

Halo guys! Git merupakan salah satu Version Control System (VCS) yang paling poluler. Dengan Git, kita dapat melakukan Update Commit File-Folder Kodingan kita ke GitHub, GitLab, dan BitBucket. Kali ini kita akan melakukan Download dan Install Git di Windows.

Sumber : Niagahoster.co.id (Blog)Exabytes.co.id (Blog)


Git adalah salah satu Version Control System (VCS) yang dikembangkan oleh Linus Torvalds untuk mengelola proyek perangkat lunak. VCS berfungsi mencatat setiap perubahan pada file proyek, baik yang dikerjakan oleh banyak orang maupun secara individu. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menginstal Git di Windows, terutama bagi para programmer, untuk mempermudah pekerjaannya.

Git dikenal dengan kemampuan penyimpanannya yang tidak terbatas pada satu lokasi saja. Sebagai distributed revision control, semua orang yang terlibat dalam pengembangan proyek dapat menyimpan database tersebut. Ini menjadikan Git sangat fleksibel dalam pengelolaan proyek.

Git akan memonitor setiap perubahan yang terjadi pada file proyek yang sedang berjalan dan menyimpannya dengan aman di database. Dengan demikian, Anda dapat mengontrol setiap versi proyek menggunakan Git sebagai alat kolaborasi.

Popularitas Git di kalangan programmer terus meningkat karena kemampuannya yang handal, sehingga sering digunakan dalam pengembangan software baik yang bersifat open source maupun closed source.


Pertama, bukalah Situs Git terlebih dahulu di sini (Git-scm.com), dan pilihlah "Windows".

Jika sudah, maka pilih "Click here to Download".

Setelah selesai mengunduh file Git, buka setup aplikasi Git untuk memulai proses instalasi. Halaman awal setelah Anda membuka setup aplikasi Git adalah tampilan Document License dari Git. Klik Next untuk melanjutkan Instalasi.

Selanjutnya, pilih lokasi untuk install Git pada komputer Anda. Pada tutorial ini kami menginstall di lokasi C:\Program Files\Git. Setelah menentukan lokasi instalasi Git, klik Next untuk melanjutkan.

Kemudian pilih komponen tambahan untuk install Git. Fungsi komponen ini adalah untuk memperlancar penggunaan Git dan mendukung file dengan kapasitas besar. Sesuaikan komponen tambahan yang dipilih seperti pada gambar di bawah ini. Jika sudah klik Next untuk melanjutkan instalasi.

Sebenarnya Anda bebas mengganti nama aplikasi Git yang akan ditampilkan pada Start Menu. Akan tetapi, demi kemudahan saat mencari aplikasi ini, sebaiknya gunakan nama Git saja.

Untuk mengedit script melalui Git, Anda memerlukan file editor. Anda bebas menggunakan file editor apa pun untuk dikombinasikan dengan Git. Pada tutorial ini, kami menggunakan Vim Editor. Klik Next apabila Anda sudah menentukan file editor yang akan Anda gunakan.

Selanjutnya adalah pengaturan Path Environment. Path Environment berfungsi untuk mengeksekusi perintah perintah pada Git. Pilih Git from the command line and also from 3rd-Party Software agar saat menjalankan perintah Git dapat dikenali di Command Prompt (CMD) pada Windows.

Kemudian untuk mengeksekusi SSH, Anda bisa menggunakan aplikasi dari Git atau  dari platform lain seperti PuTTY dan Bitvise. Pada tutorial ini kami menggunakan Use OpenSSH, Aplikasi Default SSH dari Git. Klik Next untuk melanjutkan instalasi.

Selanjutnya, Anda perlu memilih pengaturan line ending. Pada tutorial ini kami memilih Checkout Windows-style, commit Unix-style line endings. Klik Next untuk melanjutkan Instalasi.

Setelah itu, Anda perlu memilih emulator terminal yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan Command Prompt atau MinTTY. Karena ingin menggunakan Command Prompt, pada tutorial ini kami memilih Use Windows’ default console windows. Klik Next untuk melanjutkan Instalasi.

Terdapat beberapa Opsi Ekstra yang bisa Anda pilih. Pertama, pilih Enable File System Caching agar Git memiliki fungsi system caching. Kedua, pilih Enable Git Credential Manager agar Git bisa dikombinasikan dengan Aplikasi lain seperti Visual Studio, Android Studio, dan GitHub. Klik Next untuk melanjutkan Instalasi.

Setelah menambahkan konfigurasi ekstra pada Git, Anda bisa memulai proses instalasi Git. Klik Install untuk melanjutkan proses.

Berikut ini adalah tampilan proses instalasi Git. Tunggu hingga proses selesai dan Anda bisa menggunakan Git pada Windows.

Setelah proses instalasi selesai, Anda perlu mengecek apakah instalasi Git berhasil atau tidak. Anda bisa mengeceknya melalui Command Prompt. Klik Win+R lalu ketik CMD untuk membuka Command Prompt seperti di bawah ini.

Selanjutnya masukkan perintah berikut untuk cek versi git dan cek apakah Git sudah terinstall di Komputer Anda.

git --version

A



Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikit pun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post