Cara Menghubungkan Mendeley ke Microsoft Word

Halo semuanya, berjumpa dengan Miniblog dari Inzaghi's Blog! Mendeley merupakan salah satu Software untuk melakukan Sitasi dan menyimpan Tulisan-tulisan Ilmiah seperti Paper/Makalah, Jurnal, hingga Skripsi dan Tesis. Lalu, bagaimanakah Cara menghubungkannya ke Microsoft Word? Mari kita simak pada Mini Tutorial berikut ini!

Sumber Tutorial : Microsoftword.idIDN Times, dan Kumparan.com

Mendeley adalah sebuah platform berbasis akademik yang menggabungkan manajemen referensi dengan jaringan sosial. Ini membantu penggunanya dalam menyusun riset, mengatur referensi, menambahkan anotasi, berkolaborasi dengan rekan peneliti, dan menemukan konten relevan dalam bidang studi mereka.

Dengan Mendeley, pengguna dapat melakukan sejumlah tugas, termasuk pembuatan bibliografi otomatis, kolaborasi online dengan peneliti lain, impor mudah makalah dari perangkat lunak penelitian lain, menemukan makalah atau jurnal yang sesuai dengan minat mereka, dan mengakses makalah mereka secara online dari mana saja.

Mendeley adalah solusi yang baik dan mudah digunakan karena menggabungkan aplikasi desktop dan web. Pengguna dapat mengelola referensi dan dokumen PDF mereka dengan lancar, terlepas dari bidang studi yang mereka tekuni. Mendeley tersedia dalam versi desktop untuk Mac, Windows, dan Linux, dan dapat diakses melalui browser web di berbagai platform. Aplikasi seluler Mendeley juga tersedia untuk perangkat iPad, iPhone, dan Android.

Kali ini, kita akan memberikan Cara menghubungkan Mendeley ke MS Word. Tapi, sebelum menghubungkan Mendeley ke MS Word, kalian harus mengunduhnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa Caranya.

  • Silakan unduh Mendeley Desktop dari Tautan/Link ini, lalu simpan file tersebut di hard drive perangkat Anda.
  • Setelah selesai mengunduh, buka folder tempat Anda menyimpan Mendeley Desktop dan mulai proses instalasi. Caranya adalah dengan mengklik ikon Mendeley dua kali, kemudian ikuti petunjuk yang muncul di layar.
  • Setelah instalasi selesai, buka Mendeley Desktop. Anda akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu agar sinkronisasi dapat dilakukan.
  • Sebelum menginstal plugin, pastikan bahwa program Outlook dan Word sudah ditutup. Kemudian, buka Mendeley Desktop, pergi ke menu "Tools", dan pilih opsi "Install MS Word Plugin".
  • Proses instalasi plugin akan dimulai. Setelah selesai, Anda akan menerima pesan pop-up yang memberikan konfirmasi bahwa instalasi telah selesai.

Jika sudah, Bukalah Software Mendeley dan klik pada bagian "Tools --> Install Mendeley Cite for Microsoft Word".

Jika sudah, maka akan menuju Microsoft Office Store, dan klik "Get it now" untuk melakukan Instalasi Mendeley Cite.

Jika sudah, maka lanjutkan dengan melakukan Login ke Akun Microsoft Anda.

Jika sudah, maka klik Tombol "Open in Word".

Jika sudah, maka klik "Open" pada Popup di Browser Anda.

Selamat! Anda telah selesai menambahkan Add-ins Mendeley Cite di Microsoft Word.


Itulah Cara menghubungkan Mendeley ke Microsoft Word. Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikit pun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post