Cara membuka Task Manager Klasik di Windows 11 (22H2+)

Halo semuanya! Saat Microsoft merilis Windows 11 22H2, Tampilan pada Task Manager sudah berubah menjadi lebih modern dan mendukung Mode Gelap (Dark Mode). Namun, ada sebagian orang yang tidak suka dengan tampilan baru Task Manager yang berbasis XAML/WinUI. Kali ini, kita akan memberikan Tutorial Singkat mengenai Cara membuka Task Manager Klasik di Windows 11 untuk Versi 22H2 ke atas.

Sumber : Howtogeek.com dan Ghacks.net

Salah satu Akun X (Twitter) Albacore (@thebookisclosed) telah memperkenalkan Task Manager baru, lengkap dengan antarmuka yang lebih modern, dukungan mode gelap, dan lebih banyak pengaturan daya. Namun, jika Anda masih tidak menyukai desain baru tersebut, Anda masih bisa (untuk saat ini) membuka Task Manager klasik.

Albacore menunjukkan di Twitter/X bahwa Task Manager lama masih ada di versi terbaru Windows 11. Anda dapat mengaksesnya dengan menjalankan perintah di bawah ini, baik melalui dialog Jalankan (klik kanan pada tombol Windows di taskbar, kemudian 'Jalankan') atau dari jendela Terminal. Setelah Task Manager terbuka, Anda dapat mem-pinkannya ke taskbar Anda (klik kanan pada ikon taskbar, kemudian 'Pasang di Taskbar') untuk akses mudah di masa mendatang.

Task Manager lama masih terlihat sebagian besar sama seperti sebelum pembaruan Windows 11 22H2. Ini masih tersedia karena masih tersembunyi dalam file sistem untuk Windows, dengan file eksekutif utama yang terletak di C:\Windows\System32\Taskmgr.exe. Ada juga versi 32-bit yang disimpan di C:\Windows\SysWOW64\Taskmgr.exe. Belum jelas kapan, atau apakah, versi-versi itu akan dihapus dan dialihkan ke Task Manager modern. Internet Explorer dihapus sepenuhnya dalam Windows 11, tetapi masih ada file eksekutif iexplore.exe untuk menjaga kompatibilitas dengan perangkat lunak lama, yang mengalihkan permintaan ke Microsoft Edge.

Berikut ini adalah beberapa Cara untuk membuka Task Manager Klasik di Windows 11.


Pertama, Klik Kanan pada Tombol Start dan Klik "Run", atau juga bisa menekan Ctrl + R. Kemudian, ketiklah :

taskmgr -d

Dan inilah Tampilan dari Task Manager Klasik di Windows 11 versi 22H2 dan 23H2 :




Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikit pun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post