Cara Downgrade dari Windows 11 ke Windows 10

Halo semuanya! Berjumpa dengan Miniblog dari Inzaghi's Blog! Jika sebelumnya, sudah membahas tentang Cara Upgrade dari Windows 10 ke Windows 11. Sekarang, kita akan membahas tentang Cara Downgrade dari Windows 11 ke Windows 10.

Sumber Artikel : Microsoft Answers (Downgrade from Windows 11 to Windows 10)Pemmzchannel.com dan Gadgetren.com

Windows memang selalu memberikan banyak perubahan pada setiap upgrade versinya. Saat ini Windows telah memberikan versi Windows 11 terbaru dengan berbagai peningkatan dan desain yang lebih modern. Meskipun begitu, banyak pengguna yang ingin kembali ke Windows 10 dan mencari cara Downgrade Windows 11 ke Windows 10.

Jangan heran, pasalnya masalah ini sering terjadi bagi pengguna Windows. Beberapa perangkat kuno mungkin tidak kuat mendukung sistem operasi Windows 11 yang baru. Sehingga, terkadang ini membuat kinerja PC atau laptop lebih lambat dari biasanya. Selain itu, ada juga pengguna yang lebih nyaman dengan desain dan penataan aplikasi pada Windows 10. Sehingga, update ke Windows 11 membutuhkan adaptasi yang rumit.

Kalian juga bisa mengembalikan (Downgrade) dari Windows 11 ke Windows 10. Berikut, inilah beberapa Langkah untuk Downgrade ke Windows 10.

Pertama, klik di Tombol Start, kemudian klik "Settings".

Lalu, klik pada bagian "System --> Recovery".

Kemudian, akan muncul Opsi mengapa Anda ingin kembali ke Windows 10? Kemudian, klik Tombol "Next".

Selanjutnya, jika muncul seperti pada Gambar di bawah ini, maka klik "No, thanks" untuk memeriksa Pembaruan/Update.

Kemudian, ikutilah Instruksi-intruksi di bawah ini dengan menekan Tombol "Next". Meskipun perubahannya tidak terlalu signifikan (Ke Windows 10 yang terbaru, mis. 21H2/21H1), tapi ada sedikit kehilangan karena ada beberapa Fitur yang tersedia di Windows 11 tapi tidak tersedia di Windows 10.

Selanjutnya, jika ada Pesan seperti di bawah ini, maka pastikan Anda ingat Kata Sandi yang pernah dipasang di Windows 10 (Bagi yang memasang Password sebelumnya). Klik "Next" untuk langkah berikutnya.

Terakhir, jika sudah muncul seperti pada Gambar di bawah ini, maka Anda akan siap untuk balik (Downgrade) ke Windows 10.

Dan, inilah Tampilan Windows 10 yang telah di-Downgrade :

Ingin tahu File yang tersimpan saat masih menggunakan Windows 10?

Jika kita buka File Explorer di bagian Local Disk C, maka akan muncul Folder yang bernama "Windows.old". File tersebut berisikan tentang File-file Windows yang sebelum diperbarui (di-Upgrade). Jika melebihi batas waktu 10 Hari, maka File-file yang ada di Windows.old akan terhapus dan tidak akan bisa kembali lagi ke Windows versi sebelumnya (Windows 10).

Untuk melihat Tutorial Cara Downgrade dari Windows 11 ke Windows 10 di YouTube, silakan lihat Video di bawah ini :

CATATAN :

  • Perlu Anda ketahui adalah jika ingin balik ke Windows 10 melalui Opsi "Go back", hanya akan tersedia dalam kurun waktu terbatas yaitu selama 10 Hari saja. Selepas itu tombolnya akan berubah menjadi abu-abu dan tidak dapat diketuk, dan Anda tidak bisa balik ke Windows 10 kecuali dengan proses Install Ulang.
  • Jika Folder Windows.old dihapus, maka Anda tidak bisa balik lagi ke Windows 10, kecuali harus Install Ulang.
  • Untuk memperpanjang Masa Rollback di Windows 11 menjadi 60 Hari, akan kami buat di Postingan berikutnya.


Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikitpun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post