Inilah Cara Mahasiswa IT/SI, Programmer, Developer, hingga Teknisi/Engineer IT bisa Berpolitik saat Pemilu 2024

Assalamu‘alaikum wr. wb. 

Halo gais! Pemilu 2024 sudah semakin dekat, dan Musim Politik juga makin bergejolak. Kampanye ada dimana-mana, hingga memiliki keberagaman dalam Suara dan Hak Pilih. Sudah saatnya, Teknologi dan Politik Bersatu agar para Programmer, Developer, Teknisi/Engineer IT hingga Mahasiswa Teknik Informatika, Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi juga bisa Berpolitik saat Pemilu 2024 mendatang.

Sumber Jawaban : Quora.com

Bagi Mahasiswa Teknik Informatika (TI), Sistem Informasi (SI), Ilmu Komputer, hingga Programmer, Developer, Software Engineer bisa dengan menggunakan beberapa Cara ini agar bisa Berpolitik saat menjelang Pemilu 2024.

1. Membuat Website/Situs yang berkaitan dengan Pemilu 2024

Website Bawaslu Jambi

Pertama, kalian bisa juga dengan cara membuat Website yang berkaitan dengan Pemilu atau Politik, misalnya dalam Situs Web tersebut terdiri dari Foto Paslon Capres-Cawapres hingga Daftar Nama-nama Partai Politik Peserta Pemilu 2024.

Pembuatan Situs-situs tentang Politik (Website Pemilu) bisa menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript Murni/Vanilla. Untuk Framework-nya, bisa menggunakan Bootstrap atau Tailwind untuk CSS. Node, React, Vue, Express, hingga Next JS untuk JavaScript, dan/atau Laravel untuk PHP.

2. Membuat Aplikasi (Mobile/Desktop/Web) yang berkaitan dengan Pemilu 2024

Juga berkaitan dengan Poin sebelumnya, Anda juga bisa menggunakan Desain UI/UX untuk membuat Aplikasi berbasis Mobile, Web, bahkan Desktop yang berkaitan dengan Pemilu dan Politik. Anda juga bisa menggunakan Figma untuk mendesain Aplikasi/Situs yang berkaitan dengan Pemilu 2024.

Untuk Aplikasi Pemilu berbasis Mobile, bisa menggunakan Flutter dan React Native untuk Lintas Platform (Android dan iOS), Java dan Kotlin untuk Android saja, dan Swift untuk iOS saja.

Untuk Aplikasi Pemilu berbasis Web sudah saya jelaskan di Poin sebelumnya. Akan tetapi meskipun Aplikasi Desktop sedikit Jarang digunakan, tapi Anda juga bisa menggunakan Electron JS.

3. Membuat Aplikasi/Program Sederhana yang berkaitan dengan Pemilu 2024

Misalnya, membuat Program Pemilu seperti Pasangan Calon Presiden-Wapres, hingga Partai Politik dalam Bahasa C/C++, C#, Java, hingga Python, dan lainnya. Untuk Struktur Data yang digunakan, bisa menggunakan Array, Vector, hingga Stack & Queue untuk meng-Input Partai Politik.

Atau, membuat Aplikasi dengan Database Pemilu dengan menggunakan MySQL, SQLite, SQL Server, hingga MongoDB.

4. Membuat Analisis tentang Pemilu 2024

Contoh Data Hasil Real Count KPU Pilkada Serentak 2020

Anda juga bisa menggunakan API untuk melakukan/menarik Data Real Count dan Quick Count Pemilu jika sudah selesai Pilpres.

Untuk kalian yang berkecimpung di bidang AI, Machine Learning, dan Data Science, Anda juga bisa menggunakan Python dan R untuk menganalisis dan mem-Visualisasi Data Suara Pemilu. Dan juga, bisa menggunakan Algoritma/Model Machine Learning (ML) untuk menganalisis tentang Data, Sentimen, hingga Suara Pemilu.

Jika menggunakan Python, Anda juga bisa menggunakan Matplotlib dan Seaborn untuk melakukan Visualisasi Data Pemilu seperti Suara Paslon Capres-Cawapres, Calon Kepala Daerah, hingga Persentase Partai Politik. Bahkan, juga bisa menggunakan Library lainnya yang tersedia dalam Python.


Selamat Memilih saat Pemilu di Tanggal 14 Februari nanti ya!

Terima Kasih 😄😊👌👍 :)

Wassalammu‘alaikum wr. wb.

Post a Comment

Previous Post Next Post