Program Potentiometer dengan LED menggunakan Arduino Uno di Tinkercad

Halo semuanya! Berjumpa dengan Miniblog dari Inzaghi's Blog! Kali ini kita akan membuat Program Potentiometer dengan LED menggunakan Arduino Uno di Tinkercad.

Sumber Tutorial : Arduinogetstarted.com

Pertama, bukalah Situs Tinkercad dan Daftarlah terlebih dahulu. Kemudian, buatlah Project-nya.

Lalu, kita akan membuat Program Arduino Potentiometer dengan LED menggunakan Serial Plotter.

Kode :

const int POTENTIOMETER_PIN   = A0; // Arduino pin connected to Potentiometer pin
const int LED_PIN             = 2; // Arduino pin connected to LED's pin
const float VOLTAGE_THRESHOLD = 2.5; // Voltages

void setup() {
  pinMode(LED_PIN, OUTPUT); // set arduino pin to output mode
}

void loop() {
  int analogValue = analogRead(POTENTIOMETER_PIN);      // read the input on analog pin
  float voltage = floatMap(analogValue, 0, 1023, 0, 5); // Rescale to potentiometer's voltage

  if(voltage > VOLTAGE_THRESHOLD)
    digitalWrite(LED_PIN, HIGH); // turn on LED
  else
    digitalWrite(LED_PIN, LOW);  // turn off LED
}

float floatMap(float x, float in_min, float in_max, float out_min, float out_max) {
  return (x - in_min) * (out_max - out_min) / (in_max - in_min) + out_min;
}

Gambar (Output) :


Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikit pun pada Kode Program ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post