Cara Download dan Install Arduino IDE

Halo semuanya! Berjumpa dengan Miniblog dari Inzaghi's Blog! Biasanya Arduino IDE digunakan untuk Eksperimen Perangkat Terbenam dan IoT.

Sumber Artikel : Kelasarduino.com dan Adifani.net

Sebagian dari kita yang baru mengenal Arduino, baik itu sekedar gambaran atau cerita orang lain, mungkin ingin mengunduh dan menginstall Software Arduino IDE. Sebenarnya, kita bisa mengunduh (Download) Arduino IDE di Windows, Linux, ataupun di macOS. Kali ini saya hanya memberikan Tutorial menginstall Arduino IDE untuk pengguna Windows saja.

1. Kunjungi Website Resmi Arduino

Pertama, kunjungi terlebih dahulu di Website Resmi-nya Arduino di sini. Kemudian, pilih Sistem Operasi (OS) yang kamu miliki. Misalnya, saya pilih Windows maka ada banyak pilihan, seperti ZIP File, MSI Installer, dan ada Opsi lainnya jika Anda menggunakan Windows 10 atau 11. Misalnya kita pilih yang "Win 10 and newer, 64 bits".

Kini telah tersedia Arduino IDE Versi 2.0.x, Anda juga bisa memilih Versi yang lebih rendah yaitu 1.8.x dengan cara mengeklik di sini.

Kemudian, pilihlah pada Tombol "Just Download" karena kita tidak perlu mendonasi ke Arduino dan diabaikan saja.

2. Tunggu saat Proses Download

Boleh saja kita abaikan untuk di bagian Improvisasi Survei Singkat dari Arduino sambil menunggu Download-annya selesai. Jika sudah selesai, maka lanjut ke Langkah berikutnya dengan menuju ke File Explorer dan Klik pada Software yang telah kita Install.

3. Menginstal Software Arduino IDE (Melakukan Setup)

Selanjutnya, kita akan melakukan Instalasi dengan Arduino IDE Setup. Kemudian, ikutilah perintah selanjutnya saat melakukan Setup.

Kemudian, pilihlah opsi "Only for me (User)", kemudian pilih pada Tombol "Next".

Pilihlah Destinasi Folder sebelum melakukan "Install". Lalu, tunggulah sampai Instalasi selesai.

Setelah selesai melakukan Instalasi, maka kita menekan Tombol "Finish".

4. Install Hardware/Driver sebelum memulai Software Arduino IDE

Jika saat menjalankan Arduino IDE muncul Widows Security Alert, maka yang Anda harus lakukan adalah menekan Tombol "Allow Access".

Selanjutnya akan diarahkan ke User Account Control (UAC) dan lanjut, kemudian Anda akan diminta untuk melakukan Install Device Software dari Windows Security.

 Maka akan seperti ini tampilannya :

Agar lebih jelasnya, silakan Tonton beberapa Video ini di YouTube :


Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikitpun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post