Hari ini Google menampilkan Doodle Pemilu 2024, yang menampilkan Kotak Suara!

Assalamu‘alaikum wr. wb.

Halo semuanya! Hari ini (Rabu) Tanggal 14 Februari 2024 (4 Sya'ban 1445 H), merupakan Hari Pemilihan Umum Indonesia 2024 yang merupakan Pesta Demokrasi Terbesar di negeri ini. Hari ini, Google juga memeriahkan Pemilu 2024 dengan Doodle yang menampilkan Kotak Suara.

Google Doodle Pemilu Indonesia 2024

Sumber Artikel : Impresi.Republika.co.idCNN Indonesia, dan Detik.com

Google menghadirkan Google Doodle untuk memperingati Pemilihan Umum 2024, yang berlangsung pada hari ini, Rabu (14/2). Ketika pengguna mengunjungi halaman utama Google, mereka akan disambut dengan gambar bendera Merah Putih yang menempel di sebuah ilustrasi kotak dan lembar kertas suara.

Jika pengguna mengeklik Doodle tersebut, mereka akan diarahkan ke mesin pencarian Google dengan kata kunci "Pemilu Indonesia 2024".

Menurut situs ISI Surakarta, seni doodle adalah gaya menggambar yang melibatkan coretan-coretan. Hasilnya dapat berupa gambar abstrak yang kadang tidak memiliki makna tertentu, namun terkadang juga memiliki makna. Kadang karya yang dihasilkan tidak memiliki bentuk yang jelas, tetapi terlihat unik dan menarik.

Dalam Doodle Google hari ini, terlihat sebuah kotak suara dengan gambar bendera Merah Putih, yang merupakan bendera negara Indonesia, menempel di bagian depannya.

Di atas kotak suara tersebut, terdapat satu lembar kertas yang mirip dengan surat suara setengah dimasukkan ke dalam lubang kotak suara. Di Indonesia, pemilihan umum yang diadakan setiap lima tahun dilakukan dengan cara mencoblos surat suara, dan surat suara yang telah dicoblos dimasukkan ke dalam kotak suara.

Posisi kotak suara yang berbentuk kotak tersebut menggantikan salah satu huruf O dalam kata "Google". Namun, dalam keterangan, Google hanya menyebutkan bahwa doodle tersebut adalah perayaan hari pemilihan umum di Indonesia tahun 2024, Indonesia National Election 2024. Tidak ada penjelasan lebih lanjut.

"Doodle ini dirilis pada 14 Februari 2024," demikian tulis Google Doodles.

Menggantikan Doodle Valentine

Pada Rabu tanggal 14 Februari 2024, dirayakan pula Hari Valentine (Valentine's Day). Hari tersebut juga tak luput dari tema yang dipasang pada Google Doodle's.

Doodle bertema Valentine ini sama-sama dirilis pada 14 Februari 2024. Namun, tampilannya di laman google telah tergantikan dengan doodle Pemilu 2024 di Indonesia.

Doodle yang bertema Valentine di laman Google Doodles menampilkan gambar yang bergerak dengan konsep yang unik. Gambar tersebut tidak hanya sekedar gambar, namun memiliki elemen interaktif. Latar belakang berwarna merah muda menampilkan dua karakter yang mirip manusia dengan kepala berbentuk kotak.

Di kepala masing-masing karakter, terdapat huruf O yang merupakan dua huruf dari kata "Google". Dua karakter tersebut saling mendekat hingga bertemu di tengah karena tertarik oleh aliran listrik cinta. Saat keduanya bertemu, muncul karakter hati yang terangkat seperti kembang api di udara.

Hari ini, Rabu, 14 Februari 2024, Indonesia merayakan momen penting dan bersejarah dalam pesta demokrasi yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ini adalah saat di mana warga negara yang memiliki hak suara memberikan amanahnya.

Pemilu 2024 akan menentukan Presiden, Wakil Presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di tingkat provinsi.

Doodle Interaktif

Dalam Doodle bertema Valentine di laman Google Doodles, terdapat sebuah tombol interaktif yang memungkinkan pengunjung laman tersebut untuk mencocokkan karakter personal mereka dengan elemen kimiawi yang tersedia.

"Ini adalah doodle interaktif untuk merayakan Hari Valentine 2024 dengan sentuhan ilmiah. Klik doodle untuk menemukan elemen kimiawimu," demikian keterangan di laman tersebut.

Elemen-elemen kimia seperti emas, titanium, dan air, dapat ditemukan melalui permainan di laman tersebut, dimulai dari pertanyaan-pertanyaan personal dalam sebuah kuis.

Sebagai contoh, salah satu pertanyaannya mungkin adalah: "Maukah kamu menjelaskan tentang dirimu?" Kemudian, Google Doodles akan memberikan pilihan jawaban dalam tiga kolom: "Jiwa yang merdeka", "Ikuti alur", atau "Kokoh dan membumi".

Jawaban yang diberikan akan mengarahkan pengunjung ke elemen yang paling cocok dengan kepribadian mereka. Misalnya, jawaban yang diberikan akan membentuk gambaran bahwa pengunjung cocok dengan elemen air, lengkap dengan penjelasan tentang elemen tersebut.


Terima Kasih 😄😊👌👍 :)

Wassalamu‘alaikum wr. wb.

Post a Comment

Previous Post Next Post