Cara Download dan Install Node.js

Halo guys! Kembali lagi bersama Miniblog dari Inzaghi's Blog! Node.js merupakan salah satu Framework Backend untuk JavaScript. Bahkan, NPM untuk melakukan Runtime berbasis Framework JavaScript juga membutuhkan yang namanya Node.js. Kali ini kita akan melakukan Cara Download dan Install Node.js.


Node adalah Lingkungan Runtime yang memungkinkan penulisan JavaScript di pihak server. Ini telah banyak digunakan sejak dirilis Tahun 2011. Menulis JavaScript di pihak server dapat menjadi hal yang menantang seiring berkembangnya basis kode karena sifat bahasa JavaScript; dinamis dan bertipe lemah.

Para pengembang yang memilih JavaScript dari bahasa lain sering mengeluhkan kekurangan tipe statis kuat, di sinilah TypeScript hadir menjembatani kesenjangan itu.

TypeScript adalah super-set bertipe (opsional) dari JavaScript yang dapat membantu membangun dan mengelola proyek JavaScript berskala besar. Ini dapat dianggap sebagai JavaScript dengan fitur tambahan, seperti tipe statis kuat, kompilasi, dan pemrograman berorientasi objek.

Berikut ini beberapa manfaat menggunakan TypeScript :

  • Tipe Statis opsional.
  • Tipe Interferensi.
  • Kemampuan untuk menggunakan Antarmuka/Interface.

Pertama-tama, marilah kita Download terlebih dahulu NodeJS dengan mengakses ke Situs Resmi-nya NodeJS di sini (Nodejs.org). Sebelum, melakukan Donwload dan Instalasi NodeJS, Anda harus mengunjungi terlebih dahulu ke Situs Resmi NPM (Npmjs.com).

Kemudian, tunggulah sebentar sampai proses Download Selesai. Jika sudah, maka aturlah terlebih dahulu ke bagian "Environment Variables..." jika kalian adalah Pengguna Windows. Jika sudah, maka kita akan mengeklik pada Aplikasi yang telah kita Download tadi untuk melakukan Instalasi NodeJS.

Kemudian, klik pada Tombol "Next". Kemudian, akan diarahkan ke bagian Custom Setup. Lalu, ikuti Langkah-langkah selanjutnya.

Kemudian, tunggulah sampai proses Instalasi-nya selesai. Kemudian, klik pada Tombol "Finish"


Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikit pun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post