Inilah Jadwal Debat Capres-Cawapres Pemilu 2024

Assalammu‘alaikum wr. wb.

Hello guys! Sebulan yang lalu, KPU sudah menentukan siapa saja sebagai Pasangan Calon (Paslon) Capres dan Cawapres untuk Pemilu 2024 nanti. Sekarang, telah ditentukan juga Jadwal Debat Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024 mendatang.

Sumber Artikel : CNN IndonesiaIndonesiabaik.idAntaranews.com, CNBC Indonesia, Banjarmasin.Tribunnews.comDetik.com, dan Detik.com (Bali)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada masa kampanye ini akan menggelar debat calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pemilu Tahun 2024 sebanyak lima kali. Pasalnya, kampanye pemilu merupakan salah satu tahapan penting, mengingat para peserta pemilu berusaha untuk menyakinkan pemilih. 

"Dalam rapat koordinasi kemarin itu sudah disampaikan untuk seluruh debat direncanakan di Jakarta. Debat pertama akan diselenggarakan di Kantor KPU dan debat terakhir juga di Kantor KPU," kata Idham, dilansir dari Antara, Senin (4/12/2023 | 20/5/1445).

Bahkan, dalam UU  Nomor 7 Tahun 2017 juga mengamanatkan KPU untuk memfasilitasi metode kampanye, salah satunya, yaitu Debat Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden.

"Tiga debat calon presiden dan dua debat calon wakil presiden itu ada dalam penjelasan Pasal 277 ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 (Tentang Pemilihan Umum), kemudian kami tuangkan dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum Pasal 50 ayat (1)," kata Idham.

Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024 nanti akan disiarkan langsung dan live streaming di sejumlah Stasiun TV Nasional, seperti TVRI, Metro TV, TV One, Kompas TV, INews TV dll.

A. Durasi Debat

Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023, durasi debat antara Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) akan berlangsung selama 150 Menit, terdiri dari 120 Menit untuk segmen debat dan 30 Menit untuk Iklan. Aturan ini sesuai dengan Peraturan KPU No. 15 Tahun 2023 Pasal 50 Ayat (1), yang menetapkan bahwa debat akan dilakukan tiga kali untuk Capres dan dua kali untuk Cawapres, namun dapat diubah oleh KPU setelah berkoordinasi dengan DPR.

Setiap sesi debat akan terbagi dalam 6 (Enam) Segmen. Segmen pembukaan melibatkan penyampaian tata tertib, pembacaan aturan, dan presentasi visi-misi serta program kerja. Segmen kedua dan ketiga fokus pada pendalaman visi-misi dan program kerja, yang melibatkan moderator dalam segmen ketiga. Segmen keempat dan kelima dirancang untuk tanya-jawab dan sanggahan antar calon. Terakhir, segmen keenam akan menutup debat.

B. Jadwal dan Tema Debat

Berikut ini adalah Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres Pemilu 2024 :

1. Debat Pertama

  • Tanggal : Selasa, 12 Desember 2023 (28 Jumadil Awal 1445 H)
  • Tema : Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.
  • Siaran : TVRI dan RRI

2. Debat Kedua

  • Tanggal : Jumat, 22 Desember 2023 (9 Jumadil Akhir 1445 H)
  • Tema : Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur.
  • Siaran : TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV

3. Debat Ketiga

  • Tanggal : Minggu, 7 Januari 2024 (25 Jumadil Akhir 1445 H)
  • Tema : Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional.
  • Siaran : MNCTV, iNews, RCTI, dan GTV

4. Debat Keempat

  • Tanggal : Minggu, 21 Januari 2024 (9 Rajab 1445 H)
  • Tema : Energi, SDA, SMN, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, dan Agraria, dan Masyarakat Adat.
  • Siaran : SCTV, Indosiar, dan Metro TV

5. Debat Kelima

  • Tanggal : Minggu, 4 Februari 2024 (23 Rajab 1445 H)
  • Tema : Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-COVID Society), dan Ketenagakerjaan.
  • Siaran : TVOne, ANTV, NET TV, dan Garuda TV

C. Infografis

Untuk lebih jelasnya, lihatlah beberapa Infografis berikut ini :

Sumber Infografis : Indonesiabaik.id

Sumber Infografis : Antaranews.com


Itulah Jadwal Debat Capres-Cawapres Pemilu 2024 yang telah saya paparkan. Untuk melihat Artikel sebelumnya mengenai Jadwal Debat Capres-Cawapres Pemilu 2019, silakan lihat di sini (Inzaghi's Blog Legacy).

Terima Kasih 😄😊👌👍 :)

Wassalammu‘alaikum wr. wb.

Post a Comment

Previous Post Next Post