Cara menghubungkan Kode Tag Google Analytics ke Blogger

Assalamu‘alaikum wr. wb. 

Halo gais! Jika sebelumnya sudah membuat Tutorial tentang Cara membuat Akun dan Properti di Google Analytics, kali ini kita akan membahas tentang Cara menghubungkan Kode Tag Google Analytics ke Blogger.

Sumber Artikel : Bloggerbengkulu.com dan Ins-nita.com


Pertama, bukalah Situs Resmi Google Analytics di sini atau di sini.

1. Verifikasi Google Analytics

Jika sudah mendaftar ke Google Analytics dan ingin membuat Property baru, silakan klik "Admin" pada Icon Settings di bawah. Setelah itu, klik "Create --> Property".

Kemudian, buatlah Property seperti biasa (Sebelumnya sudah dibahas tentang Cara membuat Property dan Akun baru di Google Analytics). Jika sudah, maka klik pada Tombol "Web" seperti pada Gambar di bawah ini :

Setelah itu, masukkan Website URL dari Situs atau Blog Anda beserta dengan Nama Stream Anda. Jika sudah, maka klik "Create Stream".

Setelah itu, klik "View Tag Instructions". Sebelum mengeklik Tombol di Atas (Warna Coklat), pastikan Measurement ID di Google Analytics sudah disalin (Copy).

Jika sudah ke bagian Installation Instructions, Salinlah Kode HTML JavaScript yang sudah diberikan oleh Google Analytics.

Jika sudah menyalin Kode HTML/JavaScript dan juga Measurement ID, maka klik pada bagian "Test" untuk menguji apakah Google Analytics dan Website/Blog Anda sudah Jalan atau belum.

2. Membuka Blogger

Pertama, bukalah Blogger dan klik pada bagian "Theme --> Edit HTML".

Salinlah Kode HTML JavaScript yang telah Anda Copy di atas di atas Tag <head>. Kemudian, klik pada Tombol "Save", dan kembali lagi ke Google Analytics (Pada Poin di Atas).

Pergilah ke bagian "Settings" di Blogger dan klik pada bagian "Google Analytics Measurement ID".

Kemudian, Tempelkan (Paste) Kode ID dari Google Analytics (Pada bagian Atas) yang telah Anda Salin (Copy). Setelah itu klik "Paste".

Jika sudah, maka akan tersimpan secara Otomatis. Dan kembalilah ke Google Analytics (di Atas).

Jika sudah, maka tunggulah sampai Proses-nya selesai. Biasanya, membutuhkan waktu sampai 1-2 Hari (24-48 Jam) untuk diproses oleh Google Analytics.


Itulah Cara menghubungkan Kode Tag Google Analytics ke Blogger. Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikit pun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😄😊👌👍 :)

Wassalammu‘alaikum wr. wb.

Post a Comment

Previous Post Next Post