Membuat Grafik Sederhana dengan PyPlot menggunakan Matplotlib Python

Hello guys! Jika sebelumnya sudah membuat sedikit Program NumPy, kali ini kita akan membuat Program dari salah satu Library Python untuk membuat Grafik dengan Matplotlib.

Sumber Kode (Referensi) : Matplotlib.org dan juga menggunakan ChatGPT

Untuk Software-nya, Anda bisa menggunakan Atom, Sublime Text, PyCharm, Spyder, ataupun VS Code. Bahkan Anda juga bisa menggunakan Online Compiler yang ada di Internet seperti ProgramizOneCompilerOnlineGDBTrinket, dll. Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakan Jupyter Notebook agar lebih praktis.

Salah satu kumpulan fungsi yang membuat Matplotlib berfungsi seperti MATLAB adalah matplotlib.pyplot. Setiap fungsi pyplot membuat beberapa perubahan pada gambar: misalnya, membuat gambar, membuat area plot pada gambar, memplot beberapa garis di area plot, menghiasi plot dengan label, dll.

Di matplotlib.pyplot berbagai status dipertahankan di seluruh pemanggilan fungsi, sehingga ia melacak hal-hal seperti gambar saat ini dan area plot, dan fungsi plot diarahkan ke sumbu saat ini (harap dicatat bahwa "sumbu" di sini dan di sebagian besar tempat di dokumentasi mengacu pada bagian sumbu suatu gambar dan bukan istilah matematika ketat untuk lebih dari satu sumbu).

Menghasilkan visualisasi dengan pyplot sangat cepat :

import matplotlib.pyplot as plt

plt.plot([1, 2, 3, 4])
plt.ylabel('Beberapa Angka')
plt.show()

Output :

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa sumbu x berkisar antara 0-3 dan sumbu y 1-4. Jika Anda menyediakan satu daftar atau larik untuk diplot, matplotlib menganggapnya sebagai rangkaian nilai y, dan secara otomatis menghasilkan nilai x untuk Anda. Karena rentang python dimulai dengan 0, vektor x default memiliki panjang yang sama dengan y tetapi dimulai dengan 0; oleh karena itu, data x adalah [0, 1, 2, 3].

plot adalah fungsi serbaguna, dan akan mengambil sejumlah argumen. Misalnya, untuk memplot x versus y, Anda dapat menulis :

import matplotlib.pyplot as plt

plt.plot([1, 2, 3, 4], [1, 4, 9, 16])
plt.ylabel('Beberapa Angka')
plt.show()

Output :


Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikitpun pada Kode Program ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post