Membuat Kurva Titik dengan Formatting Style dengan PyPlot menggunakan Python Matplotlib

Hello guys! Jika sebelumnya sudah membuat sedikit Program NumPy, kali ini kita akan membuat Program dari salah satu Library Python untuk membuat Grafik dengan Matplotlib, khususnya membuat Kurva Titik dengan Formatting Style.

Sumber Kode (Referensi) : Matplotlib.org dan juga menggunakan ChatGPT

Untuk Software-nya, Anda bisa menggunakan Atom, Sublime Text, PyCharm, Spyder, ataupun VS Code. Bahkan Anda juga bisa menggunakan Online Compiler yang ada di Internet seperti ProgramizOneCompilerOnlineGDBTrinket, dll. Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakan Jupyter Notebook agar lebih praktis.

Untuk setiap pasangan argumen x, y, terdapat argumen opsional ketiga yang merupakan string format yang menunjukkan warna dan tipe garis plot. Huruf dan simbol string format berasal dari MATLAB, dan Anda menggabungkan string warna dengan string gaya garis. String format default adalah 'b-', yang merupakan garis biru solid. Misalnya, untuk memplot gambar di atas dengan lingkaran merah, Anda akan mengeluarkannya.

import matplotlib.pyplot as plt

plt.plot([1, 2, 3, 4], [1, 4, 9, 16], 'ro')
plt.axis((0, 6, 0, 20))
plt.show()

Output :

Lihat dokumentasi plot untuk daftar lengkap gaya garis dan format string. Fungsi sumbu pada contoh di atas mengambil daftar [xmin, xmax, ymin, ymax] dan menentukan area pandang sumbu.

Jika matplotlib dibatasi untuk bekerja dengan daftar, itu akan menjadi tidak berguna untuk pemrosesan numerik. Umumnya, Anda akan menggunakan array numpy. Faktanya, semua urutan diubah menjadi array numpy secara internal. Contoh di bawah mengilustrasikan pembuatan plot beberapa baris dengan gaya format berbeda dalam satu pemanggilan fungsi menggunakan array.

import matplotlib.pyplot as plt
import numpy as np

# evenly sampled time at 200ms intervals
t = np.arange(0., 5., 0.2)

# red dashes, blue squares and green triangles
plt.plot(t, t, 'r--', t, t**2, 'bs', t, t**3, 'g^')
plt.show()

Output :


Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikitpun pada Kode Program ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post