Cara Melihat Product Key di Windows 10/11 Tanpa Aplikasi Tambahan

Halo semuanya! Berjumpa dengan Miniblog dari Inzaghi's Blog! Jika kamu mempunyai Komputer Windows, pastinya ingin tahu Lisensi dari Windows itu sendiri. Kali ini kita akan membahas tentang Cara mengetahui dan melihat Product Key di Windows 10 atau 11 Tanpa Aplikasi Tambahan.

Sumber : Carisinyal.com

Laptop keluaran baru yang dijual dengan Preinstall Windows 10 ke atas tak lagi menyertakan stiker Certificate of Authenticity (CoA) berisikan product key. Pasalnya, product key alias serial number dari Windows 10 telah ditanam di dalam Firmware UEFI (pengganti BIOS).

Sebab, ketika laptop tersambung ke internet, Windows akan otomatis teraktivasi setelah product key di dalam UEFI mengonfirmasi dengan database yang dicatat oleh Microsoft. Hanya saja, Anda tetap perlu mengetahui product key Windows jika kasus lain terjadi. Misalnya, saat Anda mengganti hard disk laptop menjadi SSD. Atau, Anda ingin memindahkan product key tersebut ke laptop lain.

Anda tak akan dapat melihat product key dengan cara mengakses UEFI sebelum laptop booting. Anda tak perlu bingung karena ada beberapa cara mudah yang akan kami jelaskan. Namun, Anda mesti mengecek terlebih dahulu apakah jenis lisensi Windows 10 yang ter-install bisa dipindah ke laptop lain atau tidak.

Anda tentu saat ini sudah memahami perbedaan jenis lisensi dalam Windows 10. Sekarang saatnya mengecek ada di kategori mana Windows 10 yang Anda miliki. Berikut langkah ringkasnya melalui Command Prompt.

Pertama, carilah Command Prompt menggunakan Windows Search dan ketiklah "CMD". Kemudian, klik "Run as Administrator".

1. Cek menggunakan Windows Script Host

Jika ingin melihat Product Key Windows dengan menggunakan GUI, ketiklah Perintah ini dan tekan "Enter".

slmgr -dlv

Setelah itu, akan muncul Windows Script Host.

Anda dapat melihat jenis lisensi Windows di bagian Description.

2. Cek langsung menggunakan Command Prompt (CMD)

Sama seperti cara di atas, Jalankan terlebih dahulu Command Prompt dan Jalankan sebagai Administrator. Kemudian, ketiklah Kode berikut ini :

wmic path softwareLicensingService get OA3xOriginalProductKey

Kemudian, tekan Enter dan keluarlah Product Key pada Komputer PC/Laptop Anda :


Itulah Cara melihat Product Key di Windows 10 dan/atau 11 Tanpa Aplikasi Tambahan.

Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikitpun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post