Cara Mengatasi File Gpedit.msc Tidak Ditemukan di Windows

Halo guys! Bagi kalian yang ingin membuka Local Group Policy tapi tidak dapat dibuka, kini akan membahas tentang Cara mengatasi File gpedit.msc tidak ditemukan di Windows.

Sumber Artikel : Howtogeek.com dan Microsoft.com (Answers)


Ketika Anda mencoba membuka Group Policy Editor dan muncul pesan "Cannot Find Gpedit.msc", hal ini bisa sangat menjengkelkan. Group Policy Editor adalah Microsoft Management Console yang digunakan untuk melakukan konfigurasi sistem lanjutan tanpa harus mengutak-atik Registri. Baca lebih lanjut untuk mengetahui cara memperbaikinya.

Apa Penyebab Error "Cannot Find Gpedit.msc" pada Windows?

Biasanya, pesan "Cannot Find Gpedit.msc" muncul jika Group Policy Editor tidak tersedia atau tidak dapat ditemukan. Namun, hal ini juga bisa terjadi jika hak administratif tidak diberikan atau jika ada gangguan dari aplikasi pihak ketiga. Error ini sering terjadi pada Home Edition Windows karena fitur ini tidak disertakan secara default. Beberapa alasan lain yang bisa menyebabkan error ini antara lain :

  • File Windows yang rusak atau hilang
  • Pengaturan UAC yang salah konfigurasi
  • Versi Windows yang sudah usang atau rusak

Pesan error lengkapnya berbunyi, "Windows cannot find 'gpedit.msc'. Make sure you typed the name correctly, and then try again," yang disertai dengan tombol OK di bagian bawahnya.

Pertama, bukalah CMD (Command Prompt) dan jalankan sebagai Administrator.

Jika sudah, ketiklah Perintah berikut ini :

FOR %F IN ("%SystemRoot%\servicing\Packages\Microsoft-Windows-GroupPolicy-ClientTools-Package~*.mum") DO ( DISM /Online /NoRestart /Add-Package:"%F" )

Lalu, ketiklah Perintah berikut ini lagi :

FOR %F IN ("%SystemRoot%\servicing\Packages\Microsoft-Windows-GroupPolicy-ClientExtensions-Package~*.mum") DO ( DISM /Online /NoRestart /Add-Package:"%F" )

Jika sudah, maka akan seperti ini :

Setelah Perintah selesai dijalankan, mulai ulang perangkat Anda dan lihat apakah Anda dapat membuka Group Policy Editor.


Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikit pun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post