Cara Download Aplikasi Files (Files App) di Windows

Halo guys! Sudah diketahui bahwa File Explorer di Windows 11 masih terlalu banyak Elemen-elemen Lawas (Legacy Elements), dan juga ketidakonsisten antara UI Lama dan UI Baru. Salah satunya adalah Aplikasi Files (Files App), yang merupakan salah satu Aplikasi Pihak Ketiga yang menyediakan Tampilan UI yang lebih Modern pada File Explorer di Windows. Sayangnya, saat ini di Microsoft Store, Aplikasi tersebut sudah Berbayar (Tidak Gratis lagi). Jadi di Tutorial inilah akan kami bahas.

Sumber : Nesabamedia.com dan Windowscentral.com


Pada Windows 11, jika Anda memerlukan alternatif untuk File Explorer, aplikasi Files adalah pilihan yang tepat. Files (atau dikenal sebagai Files App di Microsoft Store) adalah pengelola file sumber terbuka yang dirancang untuk lebih modern dan lebih user-friendly dibandingkan dengan pengelola file bawaan pada sistem operasi tersebut.

Selain tampilannya yang elegan dan antarmuka yang mudah digunakan, aplikasi Files menawarkan banyak fitur serupa dengan File Explorer, ditambah dengan beberapa fitur canggih lainnya untuk mempermudah penjelajahan dan pengelolaan file serta folder di Windows 11. (Aplikasi ini juga kompatibel dengan Windows 10.)

Sebagai contoh, selain tampilan yang mirip dengan tab, panel navigasi di sisi kiri, bilah alat, bilah alamat, dan kotak pencarian, aplikasi ini juga menawarkan mode split untuk menampilkan dua folder secara berdampingan dalam satu jendela, sistem penandaan untuk mengorganisir file, serta dukungan arsip untuk mengompresi dan mengekstrak file seperti ".zip," ".rar," dan ".7z."

Files app adalah aplikasi alternatif untuk file explorer yang memudahkan Anda dalam mengelola dan mengorganisir file di komputer. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengatur, memindahkan data, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya. Selain itu, tampilan Files app lebih modern dan menarik dibandingkan dengan file explorer.

Bagi pengguna komputer, data adalah aset yang sangat penting, karena merupakan hasil dari berbagai pekerjaan yang telah dilakukan. Oleh sebab itu, mengorganisir data dengan baik dan teliti adalah suatu keharusan. Dokumen-dokumen penting tidak boleh diletakkan sembarangan, karena ada risiko data tersebut terhapus secara tidak sengaja. Files app adalah aplikasi yang dapat membantu Anda dalam mengorganisir data dan dokumen di komputer Anda.

Aplikasi ini juga memudahkan pencarian dokumen Anda dengan fitur pencarian yang cepat dan cerdas. Selain itu, Files app mendukung aktivitas multitasking, sehingga membuat pekerjaan Anda menjadi lebih menyenangkan.


Dan jika kita lihat kembali di Microsoft Store, maka kalian harus membelinya terlebih dahulu dengan Harga sekitar Rp. 114.000 sampai Rp. 120.000, dikarenakan Aplikasi tersebut sudah Berbayar. Kalau dulu, Aplikasi tersebut masih Gratis di Microsoft Store.

Untuk itu, marilah kita buka salah satu Repository GitHub Files, atau kalian juga bisa mencarinya di Google, dan akan menemukan Website mereka.

Kemudian, Scroll ke bawah terus sampai menemukan Icon "Classic Installer", dan klik pada Tombol tersebut.

Bukalah File Explorer, dan klik Instalasi pada bagian Downloads. Kemudian, klik "Install" pada Install Files App.

Tunggulah sampai proses Instalasi selesai.

Jika sudah selesai, maka klik "Launch".

Dan, inilah Tampilan Akhirnya :


Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikit pun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post