Inilah Bacaan Shalawat Munjiyat Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Assalamu‘alaikum warramatullahi wabarakatuh.

Sebelum itu marilah kita berpuji kepada Allah SWT dan menjunjung Nabi besar Muhammad SAW. Berikut ini adalah Bacaan Shalawat Munjiyat Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya yang bisa kalian Baca.

Sumber Artikel : Jatim.NU.or.idSonora.idDetik.com, dan Bangka.Tribunnews.com


Membaca Shalawat untuk Nabi Muhammad SAW adalah amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT dan memiliki banyak keutamaan. Shalawat merupakan salah satu Dzikir yang sangat dianjurkan untuk diamalkan secara konsisten oleh siapa saja.

Dengan memperbanyak membaca Shalawat, diyakini dapat mempermudah terkabulnya Keinginan atau Hajat seseorang. Ada berbagai macam bacaan shalawat dengan pelafalan dan nama yang berbeda-beda. Salah satu shalawat yang sering diamalkan dan dibaca adalah Shalawat Munjiyat.

Perintah untuk membaca dzikir shalawat ini, salah satunya ditegaskan dalam Al-Qur’an :

إِنَّ اللهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

innallâha wa malâ'ikatahû yushallûna ‘alan-nabiyy, yâ ayyuhalladzîna âmanû shallû ‘alaihi wa sallimû taslîmâ

Artinya: Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya. (QS. Al-Ahzab: 56)


Manfaat dan Keutamaan Sholawat Munjiyat

Mengamalkan bacaan sholawat munjiyat secara rutin memberikan berbagai manfaat dan keutamaan yang dapat dirasakan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan membaca sholawat munjiyat, kita dapat memperkuat hubungan spiritual dengan Allah SWT. Dalam setiap kalimat sholawat, kita mengungkapkan rasa cinta, penghormatan, dan ketaatan kepada-Nya, sehingga dapat membantu kita mendekatkan diri kepada-Nya.
  • Memuliakan Nabi Muhammad SAW. Sholawat munjiyat merupakan bentuk penghormatan dan pengagungan terhadap Nabi Muhammad SAW. Dalam setiap doa dan pujian yang kita panjatkan kepada beliau, kita mengakui kebesaran dan keutamaan beliau sebagai utusan Allah SWT.
  • Perlindungan dari bencana dan musibah. Sholawat munjiyat memiliki kekuatan untuk menjauhkan dan menolak seseorang dari bencana, musibah, malapetaka, dan segala hal buruk. Dengan memohon perlindungan kepada Allah SWT melalui sholawat ini, kita berharap agar dijauhkan dari segala bentuk kesulitan dan bahaya.
  • Pertolongan dan keselamatan dari Allah SWT. Dengan merutinkan membaca sholawat munjiyat, kita akan selalu mendapatkan pertolongan dan keselamatan dari Allah SWT. Allah akan senantiasa menjaga dan melindungi kita dari segala ancaman dan bahaya, serta memberikan bimbingan-Nya dalam menjalani kehidupan.
  • Ketenangan hati dan ketentraman jiwa. Sholawat munjiyat memiliki efek positif bagi jiwa dan hati. Dalam setiap kalimat sholawat, kita mengingat dan memuji Allah serta Rasul-Nya, yang dapat membawa ketenangan dan ketentraman dalam diri kita. Hati yang tenang akan membantu kita menghadapi tantangan hidup dengan lebih tabah dan sabar.
  • Membantu hajat terkabul. Sholawat munjiyat juga memiliki kekuatan untuk membantu hajat dan keinginan kita terkabul. Dalam setiap doa yang kita panjatkan, kita memohon kepada Allah SWT agar diberikan keberkahan, kemudahan, dan kelancaran dalam mencapai tujuan dan harapan kita.

Bacaan Shalawat Munjiyat (Arab, Latin, dan Artinya)

Berikut ini adalah Lafal Shalawat Munjiyat secara lengkap dalam Tulisan Arab, Latin dan Artinya :

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَـــا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَـــاتِ

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âli Sayyidinâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât

Artinya :

Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.


Demikianlah Bacaan Shalawat Munjiyat Lengkap Arab, Latin, dan Artinya.

Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikitpun 😀😊☪️🤲👍 :)

Wabillahit-tafik wal-hidaiyah,

Wassalamu‘alaikum warramatullahi wabarakatuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post