Cara Menampilkan Tab agar Selalu Terbuka di VS Code

Halo semuanya, Kembali lagi bersama Miniblog dari Inzaghi's Blog! Bagi kalian yang baru menginstal VS Code, tentunya ada Pengaturan yang belum diatur, sehingga Tab-nya menjadi tidak dapat dibuka semuanya.

Sumber : Automationdojos.com

VSCode telah melesat menjadi salah satu IDE pengembangan teratas berkat tampilan yang segar, kemudahan penggunaan, banyaknya fitur, dan opsi kustomisasi selain menjadi sangat ringan. Namun, opsi kustomisasi yang sangat luas ini kadang-kadang membuat pengguna kewalahan dan terkadang membuatnya menjadi tugas yang melelahkan untuk menemukan opsi kustomisasi yang tepat untuk menyesuaikan dengan tujuan Anda.

Meskipun tim VSCode telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dengan memperkenalkan 'command palette' (Ctrl+Shift+P), yang memang membuatnya sangat mudah untuk menemukan hampir semua yang ditawarkan VSCode, namun, untuk memanfaatkan 'command palette' Anda tetap perlu mengetahui 'kata kunci' yang tepat untuk mencari. Saya baru-baru ini mengalami salah satu masalah tersebut dan meskipun ada 'command palette', saya harus menelusuri beberapa pengaturan, akhirnya menemukan solusinya.

Jadi, jika Anda melihat nama tab editor Anda dalam bentuk 'italic', itu berarti Anda sedang melihat dalam 'Mode Pratinjau'. Ini adalah alasan mengapa Anda tidak dapat membuka yang baru.

Apa itu Mode Pratinjau dan Mengapa?

Saya kira deskripsi masalah di bagian sebelumnya sudah cukup menjelaskan apa itu 'Mode Pratinjau (Preview Mode)', jadi pertanyaan berikutnya muncul, mengapa? Pada awalnya, ini mungkin tampak seperti fitur yang mengganggu dan seseorang bahkan mungkin menganggap bahwa alasan di balik pengaktifan ini secara default adalah bug atau masalah desain dalam rilis VSCode. Namun, ini tidak benar dan faktanya, kemungkinan besar ini adalah fitur yang sengaja dirancang untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna atau bahkan kinerja.

Pertimbangkan contoh di mana seorang pengembang mungkin mengklik sejumlah file untuk melihat/membaca kode atau mungkin selama debugging tetapi akhirnya hanya bekerja pada satu file saja. Ini adalah skenario yang sangat umum dan dapat terjadi berulang kali. Tetapi ini juga berarti bahwa pengembang akan membuka banyak file (dan dengan demikian tab) selama proses kerja. Jelas, ini akan membuat tampilan editor menjadi berantakan secara bertahap mengurangi kegunaan atau bahkan efisiensi. Oleh karena itu, 'Mode Pratinjau'!

Buka File di Tab Baru Saat dalam Mode Pratinjau

Anda dapat menggunakan klik ganda untuk membuka setiap file berikutnya. Dengan menggunakan klik ganda, file-file berikutnya akan terbuka di tab baru sambil mempertahankan tab yang sudah ada.





Pertama, bukalah Settings di VS Code.

Dan carilah kata "Preview" dan Centanglah pada bagian "Enable Preview".

Lalu, klik Ctrl + Shift + P dan pilihlah "Open User Settings".

Kemudian, bukalah File settings.json dan ketiklah :

{
    "workbench.iconTheme": "icons",
    "editor.tabCompletion": "on",
    "workbench.editor.enablePreview": false,
    "workbench.editor.enablePreviewFromQuickOpen": false,
    "editor.stablePeek": true
}

Setelah itu Save (Simpan).


Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikit pun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post