Inilah Serba-serbi Hari Perempuan Sedunia yang menjadi Google Doodle Hari ini!

Assalamu‘alaikum wr. wb.

Halo semuanya! Hari ini Tanggal 8 Maret 2024 (27 Sya'ban 1445 H) merupakan Hari Perempuan Sedunia/Internasional yang diperingati Setiap Tahunnya oleh Google.

Google Doodle Hari Perempuan Internasional 2024

Sumber Artikel : Detik.com


Jika kita mengunjungi laman Google hari ini, Jumat (8/3/2024 | 27/8/1445), kita akan menemukan sebuah gambar menarik yang disebut doodle yang menandai perayaan Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day (IWD) oleh Google.

Gambar doodle tersebut menampilkan gambar yang penuh warna dengan tiga perempuan dan satu kucing duduk bersama di bawah selimut berwarna-warni, membentuk huruf 'O' dari kata Google. Salah satu perempuan terlihat sebagai wanita tua yang sedang membaca buku sambil mengenakan kacamata, sementara dua perempuan lainnya terlihat sedang mendengarkan.

Menurut keterangan dari laman Google Doodle, ilustrasi ini menggambarkan sekelompok perempuan dari berbagai generasi yang berkumpul di bawah selimut, dengan simbol-simbol kemajuan yang telah dicapai selama bertahun-tahun.

Sejarah International Women's Day (IWD)

Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, perempuan di berbagai negara mengalami kondisi kerja yang sangat buruk dan penuh diskriminasi. Kondisi tersebut memicu timbulnya berbagai gerakan protes dan perdebatan yang intens di kalangan perempuan. Di berbagai belahan dunia, kelompok perempuan mulai melakukan aksi demonstrasi yang disertai dengan pidato-pidato yang menuntut keadilan.

Salah satu titik awal yang penting terjadi pada tahun 1909, ketika Partai Sosialis di Amerika Serikat mengorganisir mogok kerja sebagai bentuk protes terhadap kondisi kerja yang tidak layak bagi perempuan. Sebagai penghargaan terhadap perjuangan tersebut, para pendukung Partai Sosialis menetapkan International Women's Day, dengan harapan untuk mendorong agar perempuan pada masa itu diberikan hak untuk berpartisipasi dalam proses pemilihan umum.

Aksi dari gerakan protes ini pun menjalar ke berbagai negara, salah satunya Rusia. Pada 8 Maret 1917, sejumlah 100.000 perempuan turun ke jalan-jalan di Saint Petersburg. Mereka menuntut Pemerintah Rusia untuk memberi makan anak-anak dan mengakhiri Perang Dunia I.

Untuk mengenang kedua aksi demonstrasi besar tersebut, pada tahun 1957, PBB meresmikan Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Ilustrasi dari Pengalaman Hidup Pribadi

Ilustrasi yang ditampilkan dalam Google Doodle untuk Hari Perempuan Internasional 2024 ini adalah karya seniman bernama Sophie Diao. Dalam penjelasan di laman Google Doodle, Sophie menceritakan bahwa ilustrasi tersebut terinspirasi oleh pengalaman keluarga ibunya, yang terdiri dari banyak perempuan dari berbagai generasi. Melalui karyanya, Sophie ingin menangkap momen kehangatan ketika generasi yang lebih tua berbagi pengetahuan dan waktu berkualitas dengan generasi yang lebih muda.

"Saya berharap orang-orang akan terdorong untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang dari berbagai generasi. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari pengalaman mereka yang lebih tua, dan keheranan dari orang-orang yang baru memulai perjalanan hidup mereka," kata Sophie.

Hari Perempuan Internasional tidak hanya dirayakan oleh perempuan, tetapi juga oleh laki-laki yang mendukung kesetaraan gender. Ini juga merupakan kesempatan bagi mereka untuk mempromosikan kesadaran akan pentingnya kesetaraan gender di seluruh dunia.


Happy International Women's Day 2024!

Terima Kasih 😄😊👌👍 :)

Wassalamu‘alaikum wr. wb.

Post a Comment

Previous Post Next Post