Cara Hapus File Cache di Windows dengan File Temporary di File Explorer

Halo semuanya! Bagi setiap Laptop atau Komputer, tentunya memiliki banyak Sampah Memori yang tidak penting. Biasanya, akan memperlambat dan menghambat kinerja dari Komputer tersebut.

Sumber : Bhinneka.com (Blog) dan Blog.Myorbit.id (Telkomsel)

Banyak orang mengalami penurunan kinerja tiba-tiba pada komputer atau laptop mereka. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan penurunan kinerja tersebut adalah adanya file cache di perangkat Anda. Meskipun faktor lain juga dapat berkontribusi pada penurunan performa laptop atau komputer, menghapus file cache menjadi solusi yang efektif.

Membersihkan file cache di laptop adalah langkah sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri tanpa bantuan ahli. Namun, penting untuk memahami cara menghapus file cache di laptop atau komputer Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, mari kita eksplorasi dengan lebih detail mengenai cara membersihkan Cache di Laptop/Komputer. Pertama, kita perlu memahami apa itu cache pada Laptop/Komputer.

Apa itu Cache?

Cache adalah suatu tempat penyimpanan sementara yang berfungsi untuk menyimpan data dari situs web, browser, atau aplikasi agar proses pemuatan menjadi lebih cepat. Ini merupakan bentuk memori kecil yang menyimpan data yang baru diakses dan paling sering diakses. Data cache disimpan secara sementara di lokasi penyimpanan khusus yang dapat diakses oleh klien lokal dan terpisah dari penyimpanan utama.

Fungsi cache mencakup penggunaan oleh CPU (Central Processing Unit), aplikasi, browser web, dan sistem operasi. Cache digunakan ketika media penyimpanan utama tidak dapat memenuhi permintaan sistem dan aplikasi, membantu mengurangi waktu akses data, menurunkan latensi, dan meningkatkan Input/Output (I/O).

Cara kerja cache terjadi saat aplikasi atau sistem mencoba mengakses data, dan jika data yang dibutuhkan tersedia dalam cache, aplikasi akan mengambilnya (cache hit). Namun, jika data yang dibutuhkan tidak ada di cache (cache miss), aplikasi akan mengambilnya dari memori utama dan menyalinnya ke dalam cache.

Browser populer seperti Chrome, Firefox, dan Safari menggunakan cache untuk mempercepat waktu pemuatan situs web yang sering diakses. Saat mengunjungi suatu halaman web untuk pertama kalinya, data yang dibutuhkan disimpan di cache, memungkinkan browser membaca data lebih cepat daripada mengambilnya dari server web, sehingga meningkatkan efisiensi waktu.

Berikut ini adalah Langkah-langkah untuk menghapus File Cache di Windows melalui File Explorer.

Pertama, Klik Kanan pada Tombol Start dan Klik "Run", atau juga bisa menekan Ctrl + R. Kemudian, ketiklah :

%temp%

Jika sudah, pilihlah Semua File/Folder Sampah Cache pada Folder Temp di File Explorer dengan cara klik Ctrl + A. Setelah itu, Klik Kanan dan klik "Delete" untuk menghapus semua File/Folder Sampah Cache ini. Untuk di Windows 11 sebelum menghapus File Cache, klik "Show More Options" untuk memudahkan dengan Context Menu Klasik.

Setelah itu, tunggulah sampai proses penghapusan File Cache selesai.

Yang perlu Anda ketahui adalah, Tidak semua File Cache bisa dihapus. Jika muncul Dialog di bawah ini, klik saja "Skip".

Maka secara Otomatis, semua File/Folder Sampah Cache akan Terhapus. Dan jika ingin meringankan Komputer-mu, silakan Klik Kanan pada Recycle Bin dan pilih "Empty Recycle Bin".

Kemudian, pilihlah "Yes" untuk menghapus secara Permanen di dalam Recycle Bin.

Setelah itu, semua File Sampah Cache di Komputer Anda telah Terhapus secara Permanen.


Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikit pun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post