Cara menambahkan Sitasi di Google Docs untuk Daftar Pustaka

Halo semuanya! Selain Microsoft Word, kita juga menggunakan Google Docs untuk menulis Dokumen, mengerjakan Tugas, Skripsi, Makalah, Jurnal, dan lain-lain. Sitasi juga berguna untuk mengutip Sumber apapun dan juga untuk membuat DaftarPustaka. Kali ini kita akan memberikan Tutorial Singkat Cara menambahkan Sitasi di Google Docs.

Sumber : Dwiay.com dan Likmi.ac.id


Pertama, Bukalah Dokumen apapun di Google Docs dan arahkan ke Tulisan yang ingin dilakukan Sitasi. Dan klik pada bagian "Tools --> Citations".

Jika sudah, pilihlah Jenis Format Sitasi seperti MLA, APA, dan Chicago Autor Date. Kita pilih saja Format APA.

Setelah itu, klik "Add Citation Source".

Kemudian, Pilihlah Jenis Sumber dan Akses dari Jurnal/Makalah tersebut, misalnya Artikel Jurnal (Journal Article) dan juga pilih Website. Setelah itu, tulislah Nama Penulis dari Jurnal/Makalah tersebut.

Setelah itu, tulislah Judul Artikel dan Judul Jurnal. Untuk Judul Artikel itu Topik apa saja yang yang dibahas pada Jurnal, sedangkan Judul Jurnal itu seperti Nama dari Template Jurnal itu sendiri (dari mana saja asal Jurnal tersebut).

Kemudian, tulislah Jumlah Halaman, Tanggal, Bulan, dan Tahun Publikasi .Biasanya, untuk Tahun Publikasi bersifat Wajib, sedangkan untuk Bulan dan Tanggal Publikasi hanya Opsional saja. Tapi, lebih baik ditulis juga Bulan dan Tahun Publikasi dari Jurnal/Makalah tersebut.

Setelah itu, masukan Alamat URL dari Jurnal tersebut, bisa itu Situs Portal Jurnal atau lebih baik Format Jurnal secara PDF. Jika sudah, klik Tombol "Add Citation Source" di bawah.

Lalu, kita klik Tombol "Cite" pada Sumber yang telah kita lakukan Sitasi tadi.

Untuk menambahkan Daftar Pustaka, klik Tombol "Insert References" di bawah.


Itulah Cara menambahkan Sitasi di Google Docs. Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikit pun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post