Cara Install Composer di Windows

Halo guys! Composer merupakan Aplikasi untuk menghubungkan Project yang berbasis Framework PHP seperti Laravel. Kali ini kita akan memberikan Tutorial Singkat mengenai Cara Install Composer, khususnya untuk di Windows.

Sumber : Niagahoster.co.id (Blog)


Composer berfungsi untuk menghubungkan project aplikasi  dengan library dari Packagist.org. Packagist merupakan situs yang menyimpan banyak library PHP yang bisa digunakan melalui Composer.

Selain menghubungkan dengan Packagist, Composer punya banyak manfaat untuk Anda. Beberapa di antaranya adalah :

  • Membuat programming dengan PHP jadi lebih terstruktur dengan konsep MVC.
  • Composer punya fitur autoload sehingga Anda tidak perlu memasukkan semua class PHP yang dibutuhkan.
  • Anda tidak perlu memasukkan package secara manual karena semua package sudah tersedia otomatis di Composer.

Pertama, pergilah ke Situs-nya Composer di sini.

Kemudian, klik pada Tombol "Download" untuk melakukan Download Composer. Dan klik pada bagian "Composer-Setup.exe" untuk mengunduh File Setup dari Composer.

Jika sudah, maka bukalah File Setup dari Composer yang telah kamu Install. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk melakukan "Install for all Users" untuk di Windows.


Jika sudah, maka klik saja "Next" untuk melanjutkan Instalasi Composer.

Selanjutnya Anda akan diminta untuk menentukan lokasi file PHP (php.exe) yang akan digunakan pada Command Line (PHP CLI- Command Line Interface). Centang juga pada bagian "Add this PHP to your path?", dan klik "Next".

Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih, apakah Anda akan menggunakan Proxy atau tidak. Jika Anda ingin menggunakan Proxy, klik centang dan masukkan URL Proxy Anda. Apabila Anda tidak ingin menggunakan proxy, langsung klik Next untuk melanjutkan instalasi. Kali ini, saya akan Skip saja dan klik "Next".

Selanjutnya pastikan kalau Proses Instalasi Composer berjalan di Lokasi File yang seharusnya, yaitu C:\xampp\php\php.exe. Jika sudah benar, klik "Install".

Kemudian, tunggulah sampai Proses Instalasi Composer selesai.

Berikutnya adalah Tampilan Pemberitahuan bahwa telah terjadi perubahan pada Windows Environment. Perubahan ini dimaksudkan agar Composer dapat dijalankan pada Command Prompt. Jika Anda sudah pernah menggunakan Composer sebelumnya, opsi ini tidak akan muncul.

Jika Instalasi Composer tidak berhasil, Anda harus melakukan salah satu hal berikut:

  • Tutup semua jendela File Explorer, lalu buka jendela perintah baru.
  • Atau, Logoff dan Logon lagi, lalu buka jendela perintah baru.

Terakhir, klik "Finish" jika sudah selesai melakukan Instalasi Composer.

Jika sudah selesai melakukan Instalasi Composer, silakan Cek instalasi Composer menggunakan Command Prompt. Caranya adalah Tekan Win+R lalu ketik "cmd" dan klik OK. Dan ketiklah :

composer

Jika sudah muncul seperti Gambar di atas, artinya Anda sudah berhasil melakukan Instalasi Composer.


Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikit pun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post