Selamat Ulang Tahun Google ke-25!

Assalammu‘alaikum wr. wb.

Hello guys! Tahukah Anda, Bahwa Hari ini adalah hari lahirnya Google yang ke-25 Tahun. Tepatnya pada Rabu, 27 September 2023 (11 Rabi'ul Awal 1445 H).

Peringatan Ulang Tahun Google yang ke-25 (25th Birthday Anniversary of Google)

Sumber Artikel : Liputan6.com

Google merayakan ulang tahunnya yang ke-25 dengan sebuah doodle khusus pada hari ini, Rabu (27/9/2023 | 11/3/1445). Perusahaan yang merupakan bagian dari Alphabet Inc mengambil pendekatan untuk mengenang masa lalu dalam rangka memperingati kesempatan tersebut.

Dengan menampilkan beragam logo yang digunakan selama lebih dari dua dekade, Google menyampaikan, "Meskipun di Google kami selalu melihat ke masa depan, ulang tahun adalah saat yang baik untuk merenung," seperti yang dicatat dalam sebuah blogpost Google.

Perusahaan juga menegaskan bahwa misinya tetap konsisten, yaitu "mengorganisir informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan bermanfaat".

Sebagai informasi, Google didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page, yang pertama kali bertemu sebagai Mahasiswa Doktoral dalam program ilmu komputer di Universitas Stanford. Keduanya mulai mengejar ilmu komputer pada akhir 1990-an.

Mereka memulai usaha ini di kamar asrama mereka, membangun sebuah mesin pencari yang menggunakan tautan untuk menilai relevansi halaman individual di World Wide Web. Proyek ini awalnya diberi nama Backrub, namun kemudian diubah menjadi Google.

Mengapa Google? Nah, itu sebenarnya merupakan permainan kata yang berasal dari ekspresi matematika yang menggambarkan angka 1 diikuti oleh seratus angka nol. Brin dan Page memiliki visi untuk "mengorganisir informasi dunia dan membuatnya dapat diakses oleh semua orang dengan cara yang bermanfaat".

Kemudian, para pendiri ini pindah ke kantor pertama Google, yang ternyata berlokasi di sebuah garasi yang mereka sewa. Pada tanggal 27 September 1998, Google Inc secara resmi mulai beroperasi.

"Banyak yang telah berubah sejak 1998 — termasuk logo kami seperti yang terlihat di Doodle — hari ini tetapi misinya tetap sama: untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan bermanfaat. Miliaran orang dari seluruh dunia menggunakan Google untuk mencari, menghubungkan, bekerja, bermain, dan banyak lagi lainnya!."

"Terima kasih telah berevolusi bersama kami selama 25 tahun terakhir. Kami tidak sabar untuk melihat ke mana masa depan membawa kami, bersama."

Dengan kantor pusat yang berlokasi di Mountain View, California, Google saat ini memiliki fokus pada berbagai bidang seperti kecerdasan buatan, iklan daring, teknologi mesin pencari, komputasi awan, perangkat lunak, dan sejumlah domain lainnya. Sundar Pichai, yang lahir di India, saat ini menjabat sebagai CEO perusahaan ini dan juga memegang peranan penting di Alphabet, perusahaan yang mengawasi Google.

Saat ini, lebih dari 70% dari permintaan pencarian online di seluruh dunia dihandle oleh Google. Selain layanan mesin pencarinya, Google menyediakan beragam produk dan layanan daring lainnya, termasuk akun email, browser web, perangkat lunak produktivitas, platform berbagi video dan jejaring sosial, aplikasi ponsel, alat pemetaan, e-book (buku elektronik), serta iklan internet.

Meskipun memiliki beragam produk dan layanan, mesin pencarian Google tetap menjadi Pondasi kesuksesan utamanya. Ketika seseorang mencari informasi di internet, Google menjadi tempat pertama yang mereka andalkan. Dalam hal ini, Google telah menjadi salah satu merek terkemuka di dunia.


Untuk melihat Postingan Artikel terdahulu di Inzaghi's Blog Legacy, silakan lihat di sini.

Terima Kasih 😄😊👌👍 :)

Wassalammu‘alaikum wr. wb.

Post a Comment

Previous Post Next Post