Jika Hari Programmer diperingati setiap Tanggal 13 September, apakah Hari Programmer Muslim juga diperingati setiap Tanggal 20 Ramadhan?

Assalamu‘alaikum wr. wb. 

Halo gais! Programmer merupakan Pekerjaan IT yang paling menguntungkan, walaupun hanya bekerja di depan Laptop/Komputer saja. Hari ini Tanggal 13 September merupakan Hari Programmer. Lalu, Pertanyaannya Jika Hari Programmer diperingati setiap Tanggal 13 September, apakah Hari Programmer Muslim juga diperingati setiap Tanggal 20 Ramadhan? Mari kita bahas pada Artikel ini!

Sumber Jawaban : Quora.com

Sumber Artikel : Tirto.id

Tanggal 13 September (12 September di tahun kabisat) dipilih sebagai Hari Pemrogram karena ini merupakan hari ke-256 (100 heksadesimal, atau 28) pada setiap tahun Masehi/Gregorian.

Angka 256 (28) dipilih karena merupakan jumlah nilai yang berbeda yang dapat direpresentasikan dengan byte, nilai yang dikenal oleh pemrogram. Angka 256 juga merupakan pangkat dua tertinggi yang kurang dari 365, jumlah hari dalam satu tahun biasa.

Hari khusus ini diusulkan oleh Valentin Balt dan Michael Cherviakov (alias htonus), karyawan Parallel Technologies (sebuah perusahaan perangkat lunak). Pada awal tahun 2002, mereka mencoba mengumpulkan tanda tangan untuk petisi kepada pemerintah Rusia agar mengakui hari itu sebagai Hari Pemrogram.

Pada 24 Juli 2009, Kementerian Komunikasi dan Media Massa (Rusia) mengeluarkan rancangan perintah eksekutif pada hari libur profesional baru yaitu Day's of the Programmer atau Hari Pemrograman Sedunia. Pada 11 September 2009, Presiden Rusia Dmitry Medvedev menandatangani Dekrit tersebut.

PERTANYAAN : Jika Hari Pemrogram diperingati setiap tanggal 13 September, apakah Hari Programmer Muslim juga diperingati setiap tanggal 20 Ramadan?

Jika dalam perhitungan, benar juga! Karena jika hari ke-256 dalam penanggalan Masehi/Gregorian adalah Tanggal 13 September (Atau 12 September di tahun kabisat). Sedangkan, hari ke-256 dalam penanggalan Hijriah/Islam adalah Tanggal 20 Ramadan, atau tepat 3 hari sesudah malam Nuzulul Qur'an.

Angka 256 (28) jika dipilih karena merupakan jumlah nilai yang berbeda yang dapat direpresentasikan dengan byte, nilai yang dikenal oleh pemrogram. Angka 256 juga merupakan pangkat dua tertinggi yang kurang dari 354 (dalam Hijriah), jumlah hari dalam satu tahun biasa.

Seharusnya, setiap Programmer Muslim di seluruh dunia merayakan Muslim Programmers Day setiap tanggal 20 Ramadhan, atau tepat menjelang 10 Hari terakhir Puasa Ramadhan. Dan juga, Hari Programmer Muslim juga hampir berdekatan dengan malam Lailatul Qadr.

Peristiwa Fatkhu Makkah

Sumber Artikel : Detik.com

Namun, selain Hari Programmer Muslim juga ada peristiwa lainnya yang terjadi pada tanggal 20 Ramadan, yaitu Fathu Makkah atau hari Pembebasan Mekah.

Penaklukkan Mekkah merupakan penaklukkan terbesar dalam sejarah agama Islam. Penaklukkan ini merupakan kemenangan yang telah dikabarkan penduduk langit yang kemudian membuat semua manusia masuk ke dalam agama Allah secara berbondong-bondong sehingga wajah bumi berseri-seri memancarkan cahaya dan keceriaan.

Dalam buku Sejarah & Kebudayaan Islam Periode Klasik (Abad VII-XII M) oleh Prof. Dr. H. Faisal Ismail, M.A, disebutkan hal yang melatarbelakangi penaklukkan Mekkah adalah dilanggarnya perjanjian Hidaibiyah oleh kaum Quraisy. Penaklukkan Mekkah yang tanpa kekerasan ini terjadi pada tanggal 20 Ramadan tahun 8 H (Januari 630 M).


Terima Kasih 😄😊👌👍 :)

Wassalammu‘alaikum wr. wb.

Post a Comment

Previous Post Next Post