Cara Ping Network Test menggunakan Command Prompt di Windows

Halo semuanya, berjumpa dengan Miniblog dari Inzaghi's Blog! Jika kalian ingin memeriksa dan memverifikasi keberadaan Alamat IP sebuah Website, tentunya membutuhkan yang namanya Ping atau disebut dengan Packet Inter-Network Groper. Kali ini kita akan melakukan Pengetesan IP Address sebuah Situs menggunakan Ping di Command Prompt (CMD).

Sumber : Pagerduty.com dan Hostinger.co.id

Packet Inter-Network Groper atau Ping adalah alat utilitas dalam jaringan komputer yang bermanfaat untuk memeriksa dan menguji keberadaan suatu alamat IP serta ketersediaannya untuk memproses permintaan. Fungsinya mencakup pemantauan latensi jaringan, ketersediaan perangkat, dan penentuan kehilangan paket dalam suatu jaringan.

Cara kerja ping dapat dibandingkan dengan teknologi sonar. Setelah menerima paket data, perangkat yang alamatnya di-ping akan mengirimkan respons berupa pong atau echo reply, yang mengonfirmasi bahwa perangkat tersebut dapat dijangkau atau dalam keadaan online.

Ping mengukur durasi respons atau perkiraan RTT (round-trip-times), yakni waktu antara pengiriman permintaan dan penerimaan balasan, diukur dalam satuan milidetik. Hasil tes ping mencakup informasi seperti jumlah byte yang diterima, waktu yang diperlukan untuk menerima respons, dan TTL (time-to-live), yang mengindikasikan berapa lama paket data boleh berada dalam jaringan sebelum dihapus oleh router.

Hasil dari uji ping ini memberikan informasi berharga untuk memeriksa atau mengatasi masalah jaringan. Sebagai contoh, jika uji ping berhasil namun membutuhkan waktu lama untuk menerima respons, hal ini mungkin menunjukkan adanya kemacetan jaringan atau masalah seputar kecepatan dan rute perangkat.

Berikut ini adalah Cara melakukan Ping Test menggunakan CMD di Windows.

Pertama, bukalah Command Prompt dengan ketiklah "CMD". Kemudian, ketiklah :

ping [ALAMAT IP ATAU ALAMAT SITUS]

Misalnya, saya akan mengetes Alamat IP 8.8.8.8, maka :

ping 8.8.8.8

Hasilnya :

Kemudian, saya akan mengetes lagi salah satu Alamat Situs Google :

ping www.google.com

Hasilnya :

Untuk Blog kami sebelah (Teknoblog) :

ping enzatech.blogspot.com

Hasilnya :

Dan juga, Blog kami sendiri (Miniblog) :

ping enzashorts.blogspot.com

Hasilnya :


Itulah Cara Ping Network Test menggunakan CMD di Windows.

Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikitpun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post