Cara Install Flutter di Windows

Halo semuanya! Berjumpa dengan Miniblog dari Inzaghi's Blog! Kali ini kita akan memberikan Tutorial Cara Install Flutter di Windows. Flutter merupakan Framework untuk Aplikasi Mobile yang menggunakan Bahasa Dart.

Sumber : Pilarteknotama.co.id dan Anbidev.com

Flutter adalah sebuah Kerangka Kerja (Framework) SDK (Software Development Kit) mobile yang dikembangkan dan diperkenalkan oleh Google. Tujuannya adalah untuk memungkinkan pengembangan aplikasi yang dapat digunakan di berbagai perangkat dengan basis kode yang sama. Dengan kata lain, pengembang dapat membuat aplikasi yang kompatibel dengan platform-platform berbeda seperti Android, iOS, Web, dan Desktop (Windows) menggunakan satu kode sumber yang sama. Flutter memiliki 2 (Dua) komponen penting, yaitu, Software Development Kit (SDK) dan juga Framework User Interface (UI).

Berikut ini adalah Cara Install Flutter di Windows.

Pertama, bukalah Situs Resmi Flutter di sini (Flutter.dev).

Lalu, klik pada Tombol "flutter_windows_3.x.x-stable.zip" untuk menginstal Flutter di Windows.

Setelah berhasil Download, Extract file zip tersebut, jangan tempel Folder "flutter" di "Program files" dan Tempelkan ke :

C:\Users\[NAMA USER PC ANDA]

Contoh punya saya :

C:\Users\Inzaghi Posuma

Tunggulah sampai semuanya sudah ter-Ekstrak.

Selanjutnya, kita atur lagi di bagian System Environment Variables yang ada di Komputer Windows.

Kemudian, kita atur dengan mengeklik "Environment Variables...", cari di bagian Path lalu klik "Edit...", lalu klik di Tombol "New" dan tempelkan Alamat Folder Flutter tadi. Setelah itu, klik di Tombol "OK" semuanya.

Alamat Folder Flutter :

C:\Users\[NAMA USER PC ANDA]\flutter\bin

Contoh punya saya :

C:\Users\Inzaghi Posuma\flutter\bin

Terakhir, ketiklah "flutter" di Command Prompt (CMD) untuk memeriksa apakah Flutter tersebut sudah terinstal atau belum.


Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikitpun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post