Inilah Alasan Google menayangkan Doodle Gunung Toba Hari ini!

Assalamu‘alaikum wr. wb. 

Halo gais! Hari ini tepatnya Tanggal 31 Agustus 2023 (14 Shafar 1445 H), Google telah menayangkan Google Doodle Gunung Toba khusus untuk Wilayah Indonesia.

Google Doodle Gunung Toba

Sumber : Aceh.Tribunnews.com


Tampilan mesin penelusuran Google hari ini, Kamis (31/8/2023 | 14/2/1445), menampilkan Danau Toba sebagai Google Doodle. Ini disebabkan oleh perayaan tiga tahun penetapan Danau Toba sebagai Global Geopark UNESCO.

Menurut informasi dari laman Google, Danau Toba yang terletak di Pulau Sumatera, khususnya di Provinsi Sumatera Utara, dianggap sebagai danau kawah terbesar dan salah satu yang paling dalam di dunia.

Awalnya, Danau Toba terbentuk sebagai hasil dari letusan gunung berapi yang kuat di Kaldera Toba ribuan tahun yang lalu, sekitar 74 ribu tahun yang lalu. Selain menjadi daya tarik alam yang menakjubkan, Danau Toba juga menjadi rumah bagi Geopark Global UNESCO.

Pada tanggal ini pada tahun 2020, Danau Toba resmi diakui sebagai Global Geopark UNESCO. Letusan besar Kaldera Toba lebih dari 74.000 tahun yang lalu menciptakan Danau Toba. Kejadian tersebut mengakibatkan kolaps ruang magma gunung berapi, membentuk pulau yang dikenal sebagai Pulau Samosir.

Pulau ini telah menjadi tujuan wisata yang populer dan tempat tinggal bagi beberapa Suku Etnis Pribumi. Dalam merayakan Danau Toba, penting untuk mengenal Masyarakat Adat Batak Toba yang merupakan penduduk Asli Danau.

Desa-desa tradisional mereka, dengan pasar lokal dan bangunan yang menakjubkan, menarik minat para pengunjung dari berbagai tempat. Di desa-desa ini, kita dapat melihat tarian tradisional seperti Tor-Tor dan membeli suvenir ukiran kayu asli.

Banyak wisatawan juga datang ke Danau Toba untuk menikmati berbagai aktivitas di luar ruangan dan pemandangan alam yang menakjubkan. Mereka yang berani ketinggian dapat mengunjungi Huta Ginjang untuk berparalayang, sementara penggemar air dapat bersantai di pantai atau mengayuh kano melintasi danau.

Air terjun Sipiso-piso yang terletak dekat juga dianggap sebagai pengalaman yang luar biasa, mampu menghilangkan segala kekhawatiran.


Terima Kasih 😄😊👌👍 :)

Wassalammu‘alaikum wr. wb.

Post a Comment

Previous Post Next Post