Cara menggeser Posisi Taskbar di Windows 11

Halo semuanya! Berjumpa dengan Miniblog dari Inzaghi's Blog! Bagi kamu yang sudah menggunakan Windows 11, tentunya memiliki kekurangan seperti tidak bisa menggeser Taskbar. Kali ini, saya akan memberikan Tutorial Singkat tentang Cara menggeser Posisi Taskbar di Windows 11.

Sumber Artikel : Pureinfotech.comWinpoin.comMastertipsorialindo.blogspot.com, dan Windows1x.com

Di Windows 10 atau yang lebih lama, kita memiliki kemampuan untuk mengatur posisi Taskbar melalui pengaturan Windows, termasuk posisi bawah (sebagai posisi default), atas, kiri, atau kanan. Namun, dalam Windows 11, fitur tersebut telah dihapus. Ini menyebabkan beberapa pengguna merasa terganggu karena mereka tidak dapat lagi mengubah posisi Taskbar sesuai keinginan.

Untuk memindahkan posisi Taskbar pada PC Anda di Windows 11, Anda perlu menggunakan Registry Editor untuk menggeser Taskbar ke sisi kiri atau atas layar. Namun, penting untuk diingat bahwa sebelum Anda melakukan perubahan apapun di Registry Editor, Anda harus melakukan backup Registry atau membuat titik pemulihan sistem sebagai langkah pencegahan. Setelah langkah-langkah ini sudah dilakukan, berikut adalah langkah-langkah untuk memindahkan posisi Taskbar di Windows 11.

1. Buka Registry Editor (Regedit)

Untuk memulai, buka Registry Editor di Komputer Anda dengan menekan Tombol Win+R atau pada Tombol Search, kemudian ketik "regedit" (Run) atau "reg" (Windows Search) dan tekan Enter.

Jika Anda menemukan Perintah UAC (User Control Account), klik Tombol "Yes".

2. Salin Alamat File Navigasi pada Regedit

Selanjutnya, di Jendela Registry Editor, navigasikan ke jalur berikut dibawah ini.

HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\StuckRects3

3. Membuka Registry pada Navigasi diatas

Pada key StuckRects3​, Anda dapat melihat REG_BINARY bernama Settings di panel kanan. Klik dobel di atasnya.

4. Mengubah Binary Value Registry pada Navigasi StuckRects3

Di Jendela Edit Binary, kalian dapat menemukan beberapa baris dan kolom yang penuh dengan nilai yang berbeda. Anda harus mencari baris 00000008 dan kolom FE. Dan inilah Daftar Kode untuk memindahkan Posisi Taskbar :

  • 00 : Mengubah Posisi Taskbar ke sebelah Kiri.
  • 01 : Mengubah Posisi Taskbar ke Atas.
  • 02 : Mengubah Posisi Taskbar ke sebelah Kanan.
  • 03 : Mengubah Posisi Taskbar ke Bawah (Default).

5. Membuka Task Manager

Untuk menerapkanya di Windows 11 Anda, kalian harus me-restart Komputer Anda. Jika ingin cepat, tekan Ctrl+Shift+Esc, kemudian klik kanan pada Windows Explorer dan klik "Restart" untuk me-restart Explorer di Windows 11. Cara membuka Task Manager juga sama seperti cara diatas, dimana kalian juga bisa membukanya melalui Run atau Windows Search.

6. Tampilan Posisi Taskbar di Windows 11

Seperti inilah Tampilan Taskbar Windows 11 ke Atas :

Jika kita ingin mengubah posisi Taskbar ke sebelah Kiri dan Kanan juga bisa, caranya seperti di atas, hanya saja ubah menjadi "00" (Kiri) dan/atau "02" (Kanan). Dan jika ingin mengembalikan ke semula (ke Bawah), ubah menjadi "03". Kemudian, Restart Windows Explorer pada Task Manager.

Tampilan Taskbar Windows 11 ke sebelah Kiri :

Tampilan Taskbar Windows 11 ke sebelah Kanan :

Tampilan Default Taskbar Windows 11 ke Bawah :

7. Tampilan Posisi Taskbar di Windows 11 (Mode Gelap)

Jika ingin melihat Tampilan Posisi Taskbar dalam Mode Gelap, lihatlah Gambar-gambar di bawah ini.

Tampilan Taskbar Windows 11 ke Atas (Mode Gelap) :

Tampilan Taskbar Windows 11 ke sebelah Kiri (Mode Gelap) :

Tampilan Taskbar Windows 11 ke sebelah Kanan (Mode Gelap) :

Tampilan Default Taskbar Windows 11 ke Bawah (Mode Gelap) :

CATATAN :

  1. Jika kita mengubah Posisi Taskbar Windows 11 ke Atas, maka akan berjalan seperti biasa seperti Taskbar ke Bawah, namun ada beberapa Fitur yang tidak berfungsi seperti Taskbar Thumbnail Preview. Tapi, jika kita mengubah Posisi Taskbar Windows 11 ke sebelah Kiri atau Kanan, maka Taskbar-nya tidak berfungsi sama sekali (Tidak muncul Ikon-ikon dan Logo Windows / Tombol Start), dan hanya muncul Hidden Icons (System Tray), Bahasa, dan Keyboard saja.
  2. Menggeser Taskbar hanya berlaku di Windows 11 RTM (Versi 21H2) saja. Tutorial ini tidak berlaku untuk Pengguna Windows 11 Versi 22H2 ke atas. Jika menggunakan Versi 22H2 ke atas, Anda hanya bisa melakukan Download Aplikasi Pihak Ketiga seperti ExplorerPatcherTaskbar11, dan Start11 (Stardock.com).


Mohon maaf apabila ada kesalahan sedikitpun pada Tutorial ini.

Terima Kasih 😀😊😘👌👍 :)

Post a Comment

Previous Post Next Post